Sabtu, 04 Mei 2013

Ada apa dan mengapa wilayah Palestina?

What do you think?

Ada apa dan mengapa wilayah Palestina?

Diperbarui lebih dari setahun yang lalu
Tanah palestina apa indahnya? Hampir tak ada keindahan alam sedikitpun. Tetapi mengapa di sana sepanjang sejarah manusia tak pernah sepi dari peristiwa-peristiwa kemanusiaan yang sangat dramatik? Mengapa tanah Palestina punya keistimewaan dibanding dengan daerah lain karena merupakan bagian penting tempat diturunkannya agama-agama samawi, tempat di mana para Nabi menerima wahyu dari Tuhan.

3000 SM: Setelah banjir besar yang menimpa kaum Nabi Nuh AS, umatnya menyebar ke berbagai wilayah. Bangsa Kanaan pertama kali mendiami bumi Palestina.

2000-1500 SM: Istri Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar, melahirkan anak yang diberi nama Ismail. Istri Nabi Ibrahim lainnya, Siti Sarah melahirkan anak, yakni Ishak yang kemudian menurun kan Nabi Ya'kub AS alias Israel. Ya'kub mempunyai 12 orang anak, salah satunya Yusuf AS, yang kemudian menjadi bendaharawan negara Mesir.

1550-1200 SM: Politik di Mesir berubah. Bangsa Israel dianggap sebagai masalah bagi negara Mesir. Firaun menjadikannya sebagai budak.

1200-1100 SM: Nabi Musa AS memimpin bangsa Israel meninggalkan Mesir, mengembara di gurun Sinai menuju tanah yang dijanjikan, asalkan mereka taat kepada Allah SWT. Saat mereka diperintah untuk me -ma suki tanah Filistin (Palestina), mereka membandel dan berkata: Hai Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selamalamanya, selagi ada orang yang gagah perkasa di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini. (QS 5:24).

1000-922: SM Nabi Daud AS mengalahkan Goliath dari Filistin. Palestina berhasil direbut dan Daud dijadikan raja. Wilayah kerajaannya membentang dari tepi sungai Nil hingga sungai Efrat di Irak. Di masa Daud ini, Masjid Al-Aqshakembali dibangun.

922-800 SM: Nabi Daud kemudian digantikan oleh Nabi Sulaiman AS. Sepeninggal Sulaiman, Israel dilanda perang saudara yang berlarutlarut, hingga akhirnya kerajaan itu terbelah menjadi dua, yakni bagian Utara bernama Israel beribu kota Samaria dan Selatan bernama Yehuda beribu kota Jerusalem.

800-600 SM: Kerajaan Israel dihancurkan melalui penyerangan kerajaan Asyiria. Lihat QS Al-Maidah [5]: 70, Injilpada Kitab Raja-raja ke-1 14:15, dan Kitab Raja-raja ke-2 17:18.

600-500 SM: Kerajaan Yehuda dihancurkan lewat tangan Nebukhadnezzar II dari Babilonia. Dalam InjilKitab Raja-raja ke-2 23:27 dinyatakan, mereka tidak mempunyai hak lagi atas Jerusalem. Mereka diusir dari Jerusalem dan dipenjara di Babilonia. Dalam Alquran surah Al-Israaf [17]: 4-8 disebutkan, kaum Israel dua kali berbuat keonaran dan setiap kali hal itu dilakukan, mereka akan dikalahkan.

Dalam Taurat dan buku The Testament of Moses disebutkan, kekalahan pertama mereka alami saat berperang melawan Raja Assyiri Shalmanser II (Nebukhadnezzar II dari Babilonia) dari Timur. Dan, kekalahan kedua terjadi saat kedatangan Kaisar Romawi Kaisar Titus dan Hadrian, antara tahun 70-135 M dari Barat yang menghancurkan sinagog (rumah ibadah orang Yahudi). 500-400 SM Cyrus dari Persia meruntuhkan Babilonia dan mengizinkan bangsa Israel kembali ke Jerusalem.

330-322: SM Israel diduduki Alexander Agung dari Macedonia (Yunani). Ia melakukan hellenisasi terhadap bangsa-bangsa taklukannya. Bahasa Yunani menjadi bahasa resmi Israel sehingga Injilpun mereka tulis dalam bahasa Yunani, dari sebelumnya berbahasa Ibrani.

300-190 SM: Yunani dikalahkan Romawi. Palestina pun dikuasai imperium Romawi. FLICKR œ Awal munculnya kerusakan iman Bani Israel dengan memuja patung anak lembu

1-33 M: Nabi Isa AS memimpin gerakan melawan penguasa Romawi.

621 M: Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra dan Mi’raj dari Masjid al-Haramke Masjid Al-Aqsha, kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.

638 M: Di bawah pemerintahan Khalifah Umar Ibnu Khattab RA, seluruh negeri Palestina dimerdekakan dari penjajah Romawi. Seterusnya seluruh penduduk Palestina, Muslim maupun non-Muslim, hidup aman di bawah pemerintahan khalifah. Kebebasan beragama dijamin sepenuhnya.

700-1000 M: Wilayah Islam meluas dari Asia Tengah, Afrika, hingga Spanyol. Di dalamnya, bangsa Yahudi mendapat peluang ekonomi dan intelektual yang sama.

1076-1200 M: Jerusalem dikepung oleh tentara salib dari Eropa. Tahun 1099, tentara Salib menguasai Jerusalem, namun kemudian Palestina berhasil direbut oleh panglima Islam, Salahuddin Al-Ayyubi, tahun 1187 M. Pemerintahan berlangsung hingga tahun 1260 M.

1798 M: Napoleon Bonaparte mengatakan, bangsa Yahudi bisa diperalat bagi tujuan-tujuan Prancis di Timur Tengah. Wilayah itu secara resmi masih di bawah khalifah Islam.

1897 M: Theodore Herzl menggelar kongres Zionis sedunia di Basel, Swiss. Peserta Kongres I Zionis mengeluarkan resolusi bahwa umat Yahudi tidaklah sekedar umat beragama, namun adalah bangsa dengan tekad bulat untuk hidup secara berbangsa dan bernegara. Mereka meminta Sultan Hamid II dari khalifah Turki Ustmani untuk memberikan izin bagi Israel mendiami Palestina. Sultan Hamid II menegaskan, tak akan melepaskan bumi Palestina kendati nyawa menjadi taruhannya.

1916 M: Ketika pecah Perang Dunia I, tentara sekutu (Inggris) menguasai Palestina. Yahudi Jerman berkomplot untuk merebut Palestina.

1917 M: Menlu Inggris keturunan Yahudi, Arthur James Balfour, dalam deklarasi Balfour memberi tahu pemimpin Zionis Inggris, Lord Rothschild, bahwa Inggris akan memperkokoh permukiman Yahudi di Palestina dalam membantu pembentukan tanah air Yahudi. Lima tahun kemudian, Liga Bangsa-Bangsa (cikal bakal PBB) memberi mandat kepada Inggris untuk menguasai Palestina.

1947 M: PBB merekomendasikan pemecahan Palestina menjadi dua negara, Arab dan Israel.

1956 M: Israel dibantu Inggris dan Prancis menyerang Sinai untuk menguasai Terusan Suez.

1964 M: Para pemimpin Arab membentuk Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO (Palestine Liberation Organization). Dengan ini secara resmi,nasib Palestina diserahkan ke pundak bangsa Arab-Palestina sendiri dan tidak lagi menjadi urusan umat Islam. Masalah Palestina direduksi menjadi persoalan nasional bangsa Palestina.

1988 M: Tanggal 15 November 1988, berdiri negara Palestina di Aljiria, ibu kota Aljazair. Dengan bentuk negara Republik Parlementer. Ditetapkan bahwa Jerusalem Timur sebagai ibu kota negara dengan presiden pertamanya adalah Yasser Arafat.

1998-sekarang: Konflik terus terjadi. Israel terus menggempur Palestina.

Ada apa dan mengapa wilayah Palestina?




www.mideastweb.org - A website with a wealth of statistics regarding population in Palestine
Coins and Banknotes of Palestine under the British Mandate
WorldStatesmen- Maps, flags, chronology, see Israel and Palestinian National Authority
hWeb - Israel-Palestine in Maps
Palestine Fact Sheet from the Common Language Project
1911 Encyclopedia description of Palestine
Liberal Democrat Friends of Palestine
History of the Palestine Problem, UN website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar